Permasalahan yang Sering Ditemui Saat Download FIlm
Rabu, 03 Juli 2016

Film tidak sampai selesai atau hanya setengah

Kemungkinan downloadnya korup (tidak sampai selesai). Coba cek berapa size film film yang telah di-download dan cocokan dengan besar file film sebenarnya. Ukuran (size) film biasanya dapat dilihat di samping link download. Jika besar file kurang dari yang seharusnya, berarti kemungkinan besar downloadnya korup.

Download film atau file dengan ukuran (size) besar membutuhkan koneksi internet yang stabil, jika koneksi tidak stabil maka proses download akan sering terputus, sehingga membuat hasil film yang di-download hanya setengah atau bahkan error.

 

File tidak bisa Diekstrak

Biasanya file film yang besar dibuat ber part dan bernama part1, part2 dan seterusnya lalu tidak dapat diekstrak

Jika tidak dapat diekstrak ubah nama file part1 menjadi C1, part2 menjadi C2 dan seterusnya, setelah itu baru diekstrak.

Pada prinsipnya penamaan file ekstrak (kompresi/ rar/ zip) adalah dengan menamainya berurutan, contonya dengan nama ninja01, ninja02, ninja03 dan seterusnya. Namun ada beberapa file rar yang memang tidak bisa diekstrak karena memang bukan berupa file kompres. Jika itu terjadi maka biasanya dapat diatasi dengan merubah ekstension .rar menjadi .avi. Untuk memastikan apakah film tersebut file rar atau bukan yaitu dengan membuka salah satu file rar tersebut. Jika file tidak bisa dibuka dan keluar pesan error unknown format or damaged, dapat dipastikan itu bukan file rar (file kompresi).

 

Kemungkinan lain tidak bisa diekstrak adalah salah satu file download ada yang korup

Misalnya filenya terdapat 5 buah yaitu part1, part2, part3, part4 dan part5. Nah umumnya antara part1 sampai part4 itu ukuran filenya sama besar, sedangkan untuk file yang terakhir biasanya ukurannya lebih kecil, contoh;

part1= 103 MB
part2= 103 MB
part3= 103 MB
part4= 103 MB
part5= 90 MB

Jadi ketika part1 sampai part4 sizenya tidak sama, bisa dipastikan file dengan size yang beda itu (lebih kecil biasanya) adalah file yang korup ketika di-download.

 

Download Sering Terputus

Download film sangat tergantung dengan kestabilan koneksi internet. Jika koneksi Internet tidak stabil, maka akan menyebabkan proses download akan sering terputus dengan sendirinya dan download menjadi korup.

Disamping koneksi internet user, download film tergantung juga pada server tempat film diupload. Tapi biasanya itu hanya berpengaruh pada speed downloadnya. Namun jika speed download sangat kecil maka kemungkinan terputus akan sangat besar. Coba gunakan IDM yang memungkinkan proses download dapat diresume (tidak berlaku untuk semua link download). Jika dapat diresume maka ketika download terputus bisa dilanjutkan kembali tanpa mengulang dari awal.

 

Berita Terkait